Uncategorized

6 Manfaat Menggunakan Kemasan Makanan Berkuah, Paper Bowl

kemasan makanan berkuah paper bowl

Indonesia memiliki banyak kuliner yang bervariasi baik dari makanan kudapan hingga makanan dengan kemasan makanan berkuah yang ramah lingkungan dan aman digunakan. Makanan berkuah identik dengan makanan yang disajikan dengan campuran sayur mayur kaya dengan berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Pada beberapa restoran, makanan berkuah menjadi salah satu jenis makanan yang akan selalu ada, seperti di warung makan, restoran cepat saji, hingga restoran bintang 5. 

Penyajian makanan berkuah tentunya harus menggunakan wadah yang memiliki bentuk melengkung ke dalam agar makanan tidak tumpah dan disajikan sesuai porsinya. Wadah atau kemasan makanan berkuah tentunya harus tahan panas maupun dingin, tidak mudah bocor atau rusak, sehingga ada beberapa rekomendasi wadah makanan yang digunakan, yaitu mangkuk, soup plate hingga paper bowl.

Pada beberapa restoran, wadah untuk makanan berkuah biasanya ada dua jenis, yaitu mangkuk dan paper bowl yang digunakan berdasarkan peruntukan makanan tersebut. Untuk restoran yang menyediakan fasilitas Dine In akan menggunakan mangkuk kaca atau keramik dalam penyajian makanan berkuah. Sedangkan untuk take away, pilihan yang tepat adalah menggunakan paper bowl, yang bahan utama pembuatannya adalah berbasis kertas foodgrade yang aman digunakan sebagai kemasan makanan berkuah.

Paper Bowl, Kemasan Makanan Berkuah

Sehubungan dengan masih berlakunya kejadian luar biasa atas virus COVID-19, banyak restoran yang menyediakan layanan take away untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut sehingga saat ini paper bowl menjadi salah satu kemasan makanan berkuah yang paling banyak digunakan.

Makanan berkuah sendiri di Indonesia sangat beragam jenisnya, mulai dari soto, sop, rawon, bubur, bakso hingga sayur asam. Teksturnya yang cair memerlukan kemasan makanan yang tepat, seperti paper bowl. 

Paper bowl terbuat dari kertas foodgrade alami tanpa racun yang aman untuk makanan. Meskipun berbahan dasar kertas, paper bowl memiliki ketebalan yang cukup baik dalam mencegah kebocoran dan penyerapan air dari makanan yang disajikan. Berikut beberapa pilihan paper bowl yang dapat digunakan untuk makanan berkuah

  • Paper Bowl polos

Paper bowl polos ini biasanya memiliki kemasan yang cenderung bersih seperti warna kertas dan memiliki tutup plastik transparan yang memiliki titik kecil ditengah guna menjadi saluran pembuangan uap makanan berkuah panas maupun dingin. Dalam hal branding, kemasan ini dapat dilakukan sablon logo brand makanan yang kamu miliki dan tinta sablonnya tidak akan menyerap ke dalam kemasan yang dapat mengkontaminasi makanan.

  • Kraft Soup

Sering melihat kemasan sop berwarna kecoklatan? Yup, itu adalah kraft soup yang terbuat dari karton berbasis foodgrade, aman untuk makanan, anti bocor dan tentunya tahan pada suhu makanan yang panas maupun dingin. Bentuk kraft soup umumnya hampir sama seperti paper cup yang biasa digunakan untuk minuman panas, namun yang membedakannya adalah dari jenis tutup yang digunakan. Kraft soup memiliki penutup dengan titik pada bagian tengah yang berfungsi untuk membuang uap panas atau dingin, sedangkan penutup pada paper cup memiliki klep yang dapat dibuka-tutup sebagai media untuk menyeruput minuman didalamnya. 

Keuntungan Menggunakan Paper Bowl untuk Kemasan Makanan Berkuah

Kemasan makanan berkuah

Kemasan Paper Bowl termasuk salah satu kemasan makanan berkuah yang eco friendly, karena terbuat dari bahan alami yang kemasannya dapat dikomposkan atau terurai dengan alami. Oleh karena itu, kemasan paper bowl ini memiliki keuntungan yang sangat berguna untuk pihak restoran, konsumen maupun alam.

  • Bisa digunakan untuk makanan non kuah

Selain makanan berkuah, paper bowl dapat digunakan untuk jenis makanan lainnya, seperti snack, batagor, nasi goreng hingga ayam geprek. Ada satu hal yang harus kamu pahami bahwa paper bowl ini sangat mirip dengan rice bowl, yang membedakan hanya penggunakannya saja. Jika untuk makanan berkuah, kamu menyebutnya sebagai paper bowl, namun untuk makanan seperti nasi campur, nasi goreng ataupun nasi bento, maka disebutnya sebagai rice bowl.

  • Makanan aman terlindungi

Meskipun terbuat dari kertas dan karton, makanan kamu aman disajikan tanpa perlu khawatir terkontaminasi dari stiker atau sablon logo branding yang ditempel pada sisi kemasan. 

  • Praktis digunakan dan dibawa

Dengan penutup yang rekat dan anti tumpah, paper bowl jadi pilihan kemasan makanan berkuah yang tepat untuk layanan take away. Jadi kamu tidak perlu takut dan khawatir makanan bisa tumpah saat pengiriman.

  • Dapat terurai alami

Suatu barang yang dibuat dari bahan-bahan alami tentunya dapat terurai, dikomposkan, dan tidak berbahaya bagi alam jika kemasannya sudah tidak digunakan

  • Harga terjangkau

Bagi beberapa pebisnis, menggunakan paper bowl dapat menghabiskan biaya produksi yang berlipat ganda. Pada kenyataannya, paper bowl jadi salah satu kemasan makanan berkuah dengan harga yang terjangkau dan aman digunakan dalam penyajian makanan kepada konsumen. Pastikan kamu membeli kemasan paper bowl di toko yang terpercaya dan yang menyertakan bahan utama apa yang digunakan dalam pembuatan kemasan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *